Berapa Lamakah Efek Imunisasi DPT Berlangsung ?

Imunisasi dpt - Sebenarnya apa penyebab bayi rewel setelah imunisasi dpt ? Sebelum kita mencari tahu mengenai cara penanganan bayi rewel setelah imunisasi dpt ada baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu tentang imunisasi DPT ( Difteri Pertusis Tetanus). Suatu penyakit radang tenggorokan yang sering dikenal dengan nama difteri merupakan suatu penyakit yang sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian pada bayi hanya dalam beberapa hari saja. Selain itu penyakit radang pernafasan (paru-paru) yang sering dikenal dengan batuk rejan atau batuk 100 hari memiliki tanda - tanda yang tidak seperti batuk yang biasanya, contohnya seperti batuk yang bertahap, panjang dan lama diikuti dengan bunyi ‘whop’ dan diakhiri dengan muntah dapat juga mengakibatkan kematiaan karena sulit untuk bernafas. Sedangkan tetanus merupakan penyakit kejang otot pada sekujur tubuh dengan mulut terkancing tidak dapat dibuka.

Pada usia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, 18 bulan, hingga lima tahun, imunisasi dpt menjadi suatu imunisasi yang tidak boleh ditinggalkan dengan tujuan agar dapat terhindar dari penyakit diatas. Hal yang paling parah namun jarang sekali terjadi setelah anak diberikan vaksin dpt adalah demam diatas 40.5 derajat celcius yang disertai kejang, namun pada umumnya anak hanya mengalami demam, ruam merah di area lokasi suntikan karena reaksi pasca imunisasi dpt tersebut. Lalu bagaimana cara mengatasi bayi demam setelah imunisasi dpt tersebut ? Sebenarnya banyak sekali pengobatan secara alami yang ditawarkan untuk mengatasi bayi yang panas tersebut secara alami akan tetapi jika anda tidak sempat untuk membuat obat trurn panas tradisional sebaiknya anda perlu mepersiapkan obat penurun panas (paracetamol).

Biasanya bayi rewel setelah imunisasi dpt itu dikarenakan kondisi tubuh bayi yang mengalami demam atau panas. Penyebab bayi rewel setelah imunisasi dpt itu bersumber dari suntikan P (Pertusis) yang bekerja untuk melemahkan kuman. Dalam keadaan setelah imunisasi dpt tersebut jika tubuh tidak bereaksi terhadap kuman, itu artinya daya tahan tubuh kurang anak anda memadai oleh karena itu sangat diharapkan jika setelah pemberian imunisasi dpt tersebut kondisi tubuh sebaiknya menjadi panas atau demam. Disini kami akan mencoba berbagi informasi mengenai reaksi yang ditimbulkan dan akan berlangsung dalam jangka waktu berapa lama yan sudah kami tuliskan dibawah ini.

Berapa Lamakah Efek Imunisasi DPT Berlangsung ?




Dibawah ini adalah beberapa efek yang ditimbulkan setelah imunisasi dpt, diantaranya seperti :

  • Tangan atau kaki pegal - pegal
  • Bayi panas dan rewel setelah imunisasi
  • Kurang nafsu makan
  • Kelelahan
  • Muntah dan demam

Selama anak anda tidak memiliki riwayat kejang dalam kesehatannya maka anda tidak perlu untuk khawatir sebab dampak yang diakibatkan imunisasi dpt tersebut hanyalah sementara kurang lebih sekitar satu sampai tiga hari saja. Namun apabila anak anda memiliki bakat riwayat kejang dari keluarganya, menurut asosiasi kedokteran di Amerika tidak perlu diberikannya imunisasi pada bayi tersebut.

baca juga :

Cara Melebatkan Rambut Bayi Secara Alami
Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Bayi Yang Botak

Demikian artikel kami kali kali ini tentang pembahasan mengenai penyebab bayi rewel setelah imunisasi dpt. Semoga artikel kami kali ini dapat bermanfaat dan membantu anda mengatasi bayi yang rewel setelah imunisasi, sekian dan terima kasih.

0 komentar

Posting Komentar